Senin, 10 Maret 2008




8 Ponsel Baru Siap Gebrak Pasar



Industri seluler dunia seolah tiada pernah berhenti terus melahirkan produk-produk ponsel berteknologi tinggi dan inovatif. Vendor besar seperti Nokia dan Sony Ericsson masih menunjukkan hegemoninya. Hal ini terbukti dari masih gencar dan dominanya vendor tersebut menggelontor ponsel ke pasaran yang menyasar aneka segmen. Tercatat ada 8 ponsel baru yang siap”uji nyali” di pasar ponsel dunia. Sony Ericsson mendominasi dengan merilis 6 ponsel baru dan Nokia 2 produk.

Sony Ericsson XPERIA X1

Ponsel berdimensi 110 x 53 x 16.7 mm, dan berat 145 gram ini, dilengkapi OS Windows Mobile, tebal body 16,7 mm, layar touchscreen WVGA 3 inch, bluetooth, Wi-Fi, HSDPA, HSUPA serta fungsi GPS (koneksi dengan satelit GPS). Keunggulan lain dibekali slot memori Micro SD lengkap dengan colokan standar 3,5 mm untuk headphone Shure, kamera 3,2 megapixel, kemampuan browsing internet, disediakan 9 website pilihan untuk ditampilkan pada satu layar untuk memudahkan akses pada site favorit. Perangkat paling vital adalah chip berkemampuan prosesor 500Mhz Arm CPU.

Sony Ericsson G 700 dan G 900

Sony Ericsson, vendor kelas dua dunia ini, meluncurkan duet ponsel mutakhir seri G. SE G700 mempunyai fitur andalan adalan kamera 3.2 megapiksel. Selain itu, untuk memuaskan penguna layar sentuh, ponsel ini telah sanggup meresponi sentuhan pada permukaan layar 2,4 inch guna mengakses menu-menu yang telah tersedia. Fitur menarik lain, multiple autofocus, yang dapat dipilih sebagai salah satu dari autofocus terbidik pada layar ponsel. Kedua ponsel ini mendukung 3G dan rencananya tersedia di pasar pertengahan tahun 2008. Perbedaan fitur adalah pada kamera yaitu SE G 900 mempunyai fitur kamera 5 megapiksel serta dilengkapi Wi-FI.

Sony Ericsson C702 dan C902

Duet ponsel cybershot ini tidak lagi dilabeli huruf K, namun C guna menancapkan brand “Cybershot”. Sony Ericsson C702 bermodel candybar, didesain khusus untuk pengambilan gambar di lingkungan luar dan dalam berbagai situasi. Kamera beresolusi 3,2 MPx, mendukung pendeteksian wajah dan reduksi efek red eye, yang tampaknya belum ada pada ponsel Sony Ericsson sebelumnya. SE C 702 juga merupakan ponsel GSM yang mendukung teknologi 3,5G HSDPA, sekaligus fitur GPS untuk penentuan lokasi/posisi. Untuk saudara kembarnya ponsel SE C 902 kameranya 5 megapiksel dan mendukung autofokus. Sayangnya untuk seri C902 ini tidak didukung fungsi GPS.

Sony Ericsson W 980

Ponsel ini dibekali fitur sistim transmisi gelombang FM. Selain dapat mendengar radio FM tanpa perlu mencolokan kabel earphone, melalui ponsel ini pengguna dapat membroadcast kepada radio atau ponsel yang memiliki penangkap siaran FM disekitarnya. Sebuah fitur yang menarik, lebih menarik lagi apabila file MP3 dapat juga dibroadcastkan secara langsung ke sekitar kita, artinya Anda bisa menjadi penyiar radio pribadi. Dibekali pula fitur kamera 3,2 megapixel, layar LCD 2,2 inch, pengenalan posisi layar, sehingga gambar yang dilihat akan ikut merebah atau berdiri sesuai dengan posisi layar. Atau bahasa teknis pihak Sony Ericsson menyebutnya sebagai teknologi “auto screen rotation”.

Nokia N 96
Nokia N96 berfitur quad-band GSM/GPRS/EDGE dan mendukung 3,5G HSDPA. Smartphone sliding ini berbasiskan S60 3rd edition, juga didukung fitur GPS dan kamera 5 megapiksel. Rekaman foto dan video bisa ditampilkan via fitur TV-out. Terdapat juga fitur koneksi nirkabel Wi-Fi dan bluetooth. Fitur multimedia seperti pada Nokia N95 seperti FM radio dengan RDS, Internet radio, MP3 player, video playback, serta Windows media dan dukungan Flash Lite 3.0 makin melengkapi ponsel ini.

Nokia N 78
Nokia N78 berdesain candybar ini, memiliki fitur-fitur mirip Nokia N96, yaitu 3,5G HSDPA, GPS, Wi-Fi, Bluetooth, MP3 Player, FM Radio dan kamera 3,2MPx. Yang menarik adalah teknologi FM broadcast seperti pada ponsel Sony Ericsson XPERIA X1. (had)

Tidak ada komentar: