Selasa, 01 April 2008

Survive via POPSI Marketing






Perhatian masyarakat seluler dan IT dunia tersentak. Pasalnya industri seluler dan IT dunia dihantam krisis. Tahun 2009 nanti, Motorola terpaksa mengadopsi mekanisme survival dan regenerasi dari amoeba untuk “membelah diri” guna menyelamatkan diri dari krisis. Sementara Ericsson harus mem-PHK 500 karyawan di Jerman dan Inggris dari total rencana melepas 4 ribu karyawan sebagai langkah efisensi-akuisisi kegiatan operasionalnya.

Namun pada sisi lain kita bisa menyaksikan gegap-gempita dan gemuruh pertarungan ponsel dual simcard, dual mode dan dual on yang berdarah-darah di tanah air. Betapa sebuah teknologi memang haruslah maslahat atau membawa kemanfaatan bagi semua umat. Apalagi kini teknologi canggih itu saat ini makin murah dan terjangkau masyarakat grass root.

Vendor besar, sedang, dan kecil berlomba berebut ceruk pasar. Dari aspek ekonomi bisnis, maka terdapat 4 langkah strategi marketing yang biasa disebut strategi POPSI yaitu positioning, inovation, price dan service. Keempat langkah ini masih efektif-efisien dan jitu untuk diterapkan selama dijalankan secara holistik,integral, dan kontinyu. Selamat membaca!.

Tidak ada komentar: